Videos

Internet Komputer

Awas...! Status Gunung Bromo Mendadak Naik dari Waspada Menjadi Siaga

Probolinggo - Geliat erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Probolingo, yang masih berstatus waspada dalam beberapa hari terakhir, hari ini statusnya mendadak naik, dari waspada menjadi siaga. Itu terjadi sejak pukul 06.00 pagi Wib.

"Benar, status Gunung Bromo saat ini mendadak naik, dari waspada menjadi siaga, itu disebabkan karena sering terjadinya vulkanik dangkal berentetan,"ujar Gede Swantika, Kabis Mitigasi Kegunung Apian PVMBG Bandung, Senin (26/9/2016) ketika di hubungi via selulernya.

Gede menyebut, selain terjadinya vulkanik berentetan, status siaga ini juga disebabkanadanya penggelembungan kawah, tremor dominan 1 mendadak menjadi 4 milimeter.

Sedangkan rekomendasi jarak aman kata Gede, diperjauh yang semula hanya 1 kilometer, saat ditambah menjadi 2,5 kilometer bagi warga setempat dan pengunjung.

"Secara mendadak pula kami himbau kepada wisatawan an warga setempat untuk mematuhi himbauan yang ada. Mengingat abcaman sangat tinggi,"jelas Gede.

Berikut aktivitas Gunung Bromo hari ini. 

Cuaca cerah-mendung, angin tenang-sedang, suhu 10-18°C. Gunung Bromo jelas-kabut 0- Asap kawah teramati putih tipis-tebal, tekanan lemah-sedang, tinggi asap berkisar 50-600 meter dari puncak kawah kearah Barat-timur. Tercium bau belerang ringan.

Seismik : 26/09/2016
Tremor Amax: 0.5-22 mm dominan 4 mm

Ket. Lain: Status Gunung Bromo dinaikan dari WASPADA ke SIAGA terhitung sejak tanggal 26 September 2016 pukul 06.00 WIB.

Kesimpulan: G.Bromo  SIAGA
Rekomendasi PVMBG:

Dalam status SIAGA masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 2.5 km dari kawah aktif Gunung Bromo.

Pihak PVMBG sampai saat terus melakukan pemantauan perkembangan aktivitas Gunung Bromo, yang atatus waspada menjadi siaga.(jn)

 Laporan : June
Editor     : Dicko
Share on Google Plus

About Agus Prayitno

0 komentar:

Posting Komentar