Videos

Internet Komputer

Tak Perlu Gengsi Meminta Maaf


Tidak semua orang bisa dengan mudah meminta maaf, apalagi jika masing-masing memiliki pemikiran yang sama tentang siapa yang bersalah.

Jika rasa ego dan gengsi lebih dominan, maka ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan jika benar-benar ingin meminta maaf:

1. Akui kesalahan
Mengakui kesalahan dan mau bertanggung jawab adalah nilai tambah untuk Anda yang berbesar hati. Mulailah dengan ucapan tulus dan langsung pada permasalahan. Dengan demikian orang yang terluka akan mau menerima dan memaafkan.


2. Beri penjelasan
Setelah mengaku kesalahan Anda, beri penjelasan pada orang yang telah disakiti. Yakinkan padanya bahwa tidak ada sedikitpun maksud buruk. Itupun jika Anda benar-benar rela mengakui kesalahan Anda. Permintaan maaf secara langsung menunjukkan keseriusan.

3. Beri tanda perbaikan
Agar lebih sempurna, berikan sesuatu yang kira-kira ia suka sebagai tanda pengganti kerugian yang terjadi. Anda bisa mengirimkan pesan atau hadiah kecil sebagai simbol.

4. Pilih waktu yang tepat
meminta maaf juga ada waktunya. Anda tidak bisa sembarangan minta maaf. Untuk masalah besar cobalah bertemu langsung, hadapi orangnya, tatap matanya dan berilah penjelasan yang diperlukan. Jangan berbelit-belit.

Hindari minta maaf saat orang tersebut sedang marah, karena tidak akan diterima dengan alasan apapun. Temui dan jelaskan duduk perkaranya beberapa hari kemudian sambil menunggu marahnya reda. Ini akan mudah diterima. Tapi juga jangan terlalu lama. (Sumber: Sehatnews.com)
Share on Google Plus

About Agus Prayitno

0 komentar:

Posting Komentar